Kita mungkin lebih sering fokus pada
isi dokumen ketimbang bagian lain yang juga penting, seperti daftar isi.
Sehingga bagian ini sering dikerjakan belakangan dan kadang karena diburu
waktu, kita tidak sempat memperbaikinya bila ada perubahan pada dokumen.
Hal di atas sering terjadi bila
membuat daftar isi secara manual. Oleh sebab itu, ganti cara manual dengan
fitur yang sudah disediakan oleh Microsoft Word. Fitur ini dapat membantu membuat
daftar isi dengan cepat dan seandainya ada perubahan pada nomor halaman dan
judul dalam dokumen, kita dapat melakukan update daftar isi dengan
beberapa perintah sederhana saja.
Menandai Bagian untuk
Daftar Isi
Sebelum membuat daftar isi, kita perlu menandai bagian-bagian mana saja yang akan ditampilkan dalam daftar isi. Bagian tersebut biasanya berupa heading atau judul bab, contoh: Bab 1 Pengantar, 1.1 Pengenalan Microsoft Office 2007, dan sebagainya.
Sebelum membuat daftar isi, kita perlu menandai bagian-bagian mana saja yang akan ditampilkan dalam daftar isi. Bagian tersebut biasanya berupa heading atau judul bab, contoh: Bab 1 Pengantar, 1.1 Pengenalan Microsoft Office 2007, dan sebagainya.
Cara mudah untuk membuat heading
adalah menggunakan heading styles yang sudah disediakan (built-in
sytles) oleh Microsoft Word, yaitu Heading 1 sampai dengan Heading 9.
Selain menggunakan built-in sytles,
kita juga dapat membuat daftar isi berdasarkan custom styles yang kita
gunakan, misalnya style yang kita buat sendiri.
Cara Membuat Daftar
Isi
Setelah menandai bagian untuk daftar isi, maka bisa dilanjutkan ke tahap pembuatannya.
Setelah menandai bagian untuk daftar isi, maka bisa dilanjutkan ke tahap pembuatannya.
Membuat Daftar Isi dari Built-In Heading Styles
Gunakan cara ini bila dokumen menggunakan heading styles seperti Heading 1, Heading 2, dan seterusnya.
Gunakan cara ini bila dokumen menggunakan heading styles seperti Heading 1, Heading 2, dan seterusnya.
- Klik pada bagian halaman yang ingin ditaruh daftar isi (biasanya di awal dokumen).
- Pada References tab, Table of Contents
group, klik Table of Contents, pilih gaya daftar isi yang
diinginkan.
- Format tampilan daftar isi.
Pada References tab, Table of Contents group, klik Table of Contents dan kemudian klik Insert Table of Contents untuk mengatur hal-hal berikut: - Tab leader, untuk membuat tab leader antara teks dan nomor halaman, antara lain: garis putus-putus, titik-titik atau tidak menggunakan tab leader.
- Formats, untuk memilih format tampilan daftar isi, seperti: template dokumen (sesuai dengan format yang kita buat), atau format lain yang sudah disediakan oleh Microsoft Word seperti Classic, Fancy dan sebagainya.
- Show levels, ganti angka pada kotak di sampingnya untuk menambah/mengurangi level heading yang akan ditampilkan dalam daftar isi.
Membuat Daftar Isi dari Custom Styles
Gunakan cara ini bila menggunakan custom style pada heading untuk daftar isi, contoh: Title style atau style yang kita buat sendiri.
Gunakan cara ini bila menggunakan custom style pada heading untuk daftar isi, contoh: Title style atau style yang kita buat sendiri.
- Klik pada bagian halaman yang ingin ditaruh daftar isi.
- Pada References tab, Table of Contents group, klik Table of Contents, dan kemudian Insert Table of Contents.
- Klik Options.
- Di bagian Available styles, pilih style yang digunakan untuk heading dalam dokumen dengan mengisi angka pada kotak di TOC level.
- Pada TOC level, isi angka 1 sampai 9 untuk
menentukan level pada heading style.
Catatan: Jika menggunakan custom styles, hapus angka TOC level untuk built-in styles, misalnya: Heading 1. - Ulangi langkah 4 dan 5 untuk setiap heading style yang ingin disertakan dalam daftar isi.
- Klik OK.
0 komentar:
Posting Komentar